Disnakertrans Sukabumi Awasi Ketat Penerapan UMK dan UMSK 2026

Selasa, 20 Januari 2026 - 10:15 WIB

google preferred source facebook twitter whatsapp telegram copy

URL berhasil dicopy

google preferred source icon facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon copy

URL berhasil dicopy

JURNALSUKABUMI.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi mengintensifkan pengawasan serta pembinaan kepada seluruh perusahaan guna memastikan penerapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) tahun 2026 berjalan sesuai ketentuan.

Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap hak-hak pekerja sekaligus menindaklanjuti keputusan Gubernur Jawa Barat terkait penetapan upah minimum yang mulai berlaku efektif sejak 1 Januari 2026.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi, menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pemantauan langsung ke lapangan untuk memastikan setiap perusahaan mematuhi regulasi yang telah ditetapkan.

“Sudah menjadi tugas kami untuk melakukan monitoring penerapan UMK dan UMSK berdasarkan surat keputusan Gubernur. Kami ingin memastikan keputusan tersebut benar-benar dijalankan oleh perusahaan,” ujar Sigit, belum lama ini.

Pada tahun 2026, UMK Kabupaten Sukabumi tercatat mengalami kenaikan sekitar 6,3 persen. Dari sebelumnya sebesar Rp3.604.482 pada 2025, kini UMK naik menjadi Rp3.831.926 atau bertambah sekitar Rp227.444.

Selain UMK umum, Disnakertrans juga akan memantau penerapan UMSK pada tiga sektor industri yang telah ditetapkan melalui keputusan Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi. Pengawasan tersebut dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

“Kami tidak hanya fokus pada UMK sebesar Rp3,8 juta, tetapi juga pada tiga sektor UMSK yang sudah disahkan. Semua akan kami awasi secara bertahap,” jelasnya.

Sigit menambahkan, berdasarkan surat imbauan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, terdapat dua ketentuan utama dalam sistem pengupahan. UMK sebesar Rp3.831.926 berlaku bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun.

Sementara itu, pekerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun wajib menerima upah berdasarkan Struktur dan Skala Upah (SUSU) yang disusun oleh masing-masing perusahaan.

Disnakertrans juga menegaskan bahwa merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-Undang, pengusaha dilarang membayarkan upah di bawah ketentuan minimum.

“Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Jika terjadi perbedaan pandangan di internal perusahaan, kami mengimbau agar dibuka ruang dialog melalui LKS Bipartit. Namun apabila kesepakatan sudah tercapai, maka wajib segera direalisasikan,” tandasnya.

Reporter: PPL | Redaktur: Ujang Herlan

Berita Terkait

Di Ajang FTBI, Bupati Ajak Pelajar kembangkan Bahasa dan Budaya Sunda Berbasis Teknologi 
TMMD ke-130 Rampung 100 Persen, Wabup Andreas Apresiasi Sinergi TNI dan Masyarakat
14 Gapoktan di Sukabumi Bakal Terima Hibah Rp700 Juta
Bantah Isu Arogansi dan Intimidasi, Ini Penjelasan Griya Lansia Sukabumi!
Hari Pahlawan 2026, Bupati Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Sukabumi
Nanindya Nataningrum Resmi Jabat Kasi Datun Kejari Kabupaten Sukabumi
Asep Japar Tekankan Sinergitas Lintas Sektor Demi Sukabumi Tetap Kondusif
Yayasan Antasena Bangun Bersama Gelar Khitanan Massal, Perangi Narkoba!

Komentar

Tuliskan komentar terbaikmu dengan sopan 😊

Berita Terkait

Kamis, 12 November 2026 - 17:57 WIB

Di Ajang FTBI, Bupati Ajak Pelajar kembangkan Bahasa dan Budaya Sunda Berbasis Teknologi 

Kamis, 12 November 2026 - 17:35 WIB

TMMD ke-130 Rampung 100 Persen, Wabup Andreas Apresiasi Sinergi TNI dan Masyarakat

Rabu, 11 November 2026 - 09:42 WIB

14 Gapoktan di Sukabumi Bakal Terima Hibah Rp700 Juta

Selasa, 10 November 2026 - 20:00 WIB

Bantah Isu Arogansi dan Intimidasi, Ini Penjelasan Griya Lansia Sukabumi!

Selasa, 10 November 2026 - 12:23 WIB

Hari Pahlawan 2026, Bupati Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Sukabumi

Berita Terbaru